Minggu, 27 Juni 2010

TIPS FOTOGRAFI HITAM PUTIH DALAM MEMOTRET MANUSIA

Memotret hitam putih dalam kerangka memotret manusia bisa dikatakan susah-susah gampang, mengapa saya katakan begitu?, karena tidak semua manusia/orang yang ditemui atau yang ingin di potret mau dengan segera di foto, dan itu memerlukan sebuah bahasa komunikasi yang lebih personal selain membicarakan dari sisi teknik olah digital.

Selain itu juga ada beberapa teknik memotret manusia, apakah sebaiknya memotret dengan komposisi close up (muka), komposisi seluruh badan (full body) atau komposisi dari sisi-sisi tertentu, dan itu semua tergantung juga dari cara anda menentukan komposisi-nya dan yang terpenting juga eksposur pencahayaan yang anda ukur atau saat anda memotret.

Ada beberapa tips untuk memotret manusia dalam konteks hitam putih :

a.       Cobalah melakukan pendekatan dan bertanya tentang apa yang seorang/kelompok tersebut sukai dan tidak sukai, seperti menanyakan tempat lokasi yang mempunyai kesan tersendiri sehingga tercipta/timbul kepribadian dari manusia  yang akan anda potret.

b.      Cobalah menggunakan lensa-lensa fix/prime dan mempunyai nilai aperture yang kecil sehingga pada saat memotret dalam kondisi low light (cahaya kurang) bisa sedikit teratasi sambil menaikkan dan menurunkan tombol iso/asa.

c.       Aturlah waktu untuk jadwal pemotretan (by appointment) apabila seorang/kelompok yang akan anda potret tersebut mempunyai kesibukan.

d.      Gunakanlah filter-filter seperti CPL, hijau, oranye, dan lain-lain untuk memberikan efek tertentu.

 

Tidak ada komentar: